"Menulislah terus, kalau perlu sampai mampus!"


Photo by 
Patrick Fore on Unsplash


Berikut adalah kumpulan petuah dari Seno Gumira Ajidarma seputar menjadi seorang penulis. Tulisan ini tadinya beredar di kalangan anak-anak milis (kids zaman now tahu istilah ini?) SGA-fan-club di yahoo.com. Kupikir berguna bila disebarluaskan.

1. Langkah pertama untuk menjadi seorang penulis adalah memiliki sebuah ide.

2. Adanya sebuah ide yang hendak disampaikan ini penting sekali bagi seorang penulis. Jika seseorang itu tidak memiliki ide, maka sebaiknya jangan menjadi penulis.

3. Ide tersebut harus sudah matang.

4. Jika seseorang bercita-cita menjadi penulis, tapi lingkup sosialnya menghalangi, misalnya mengatakan bahwa tulisannya jelek atau dia tidak punya bakat menjadi seorang penulis, maka janganlah putus asa! Bakat, dalam hal ini, bukan yang paling penting, karena yang terpenting adalah,"Menulislah terus, kalau perlu, sampai mampus!"

5. Jangan pula putus asa jika setelah menulis tiada henti tapi tulisannya masih dibilang kurang bagus. Dari seribu tulisan yang dihasilkan, pastilah salah satunya ada yang bagus.

6. Jangan lupa juga bahwa bagus tidaknya tulisan seseorang bukan dinilai oleh orang lain melainkan oleh dirinya sendiri. Asalkan seseorang itu, dengan kemampuannya sendiri, telah mencurahkan seluruh inderanya, kemampuan terbaiknya, untuk menghasilkan sebuah tulisan, maka itu adalah tulisan yang baik dan bagus.

7. Jika tulisan yang sudah baik dan bagus itu ternyata tidak juga berhasil dimuat oleh media massa, misalnya tidak dimuat oleh Kompas, tidak perlu berkecil hati karena itu namanya merendahkan diri sendiri. Kita, sebagai penulis, tidak perlu memakai yang umum sebagai ukuran.

8. Niat untuk menjadi seorang penulis harus dibedakan dengan niat seseorang untuk mencari nafkah dengan menulis. Jika niatnya menjadi seorang penulis lebih kepada keinginan untuk mencari nafkah, ya mau tidak mau harus berpikir secara praktis, dan mencari tahu, mempelajari tulisan macam apa yang dibeli orang.

9. Kunci terpentingnya adalah dengan banyak membaca.

10. Good writing comes from good reading. Jadi, adalah omong kosong jika ada seseorang yang ingin menjadi penulis tapi tidak suka membaca.

No comments