Pages

"Jangan bilang Minal Aidin Wal Faidzin..


".. kalau tak tahu artinya. Dalam budaya Arab, ucapan yang disampaikan ketika menyambut hari Idul Fitri (mengikuti teladan nabi Muhammad) adalah "taqabbalallahu minna wa minkum", artinya kurang lebih : semoga Allah menerima amalan aku dan kamu.

Minal Aidin Wal Fa Idzin sendiri sebetulnya frasa yang tidak lengkap, karena maknanya adalah : dari orang yang kembali dan orang-orang yang menang. Ini do'a bukan, salam juga bukan. Lebih lengkap jika kalimat itu diucapkan "Ja'alanallahu wa iyyakum minal aidzin wal faidzin , yang akan semacam doa dengan makna : "semoga allah menjadikan kami dan anda sebagai orang-orang yang kembali dan beruntung (menang)"

Lha kalau minta maaf di hari lebaran lalu gimana? Sebetulnya sih minta ya minta aja. Atau kalau mau lebih sip, jangan minta melulu tapi sese(ring)kali ngasih lah. [...] Tapi yang paling penting tentu saja ucapan selamat, permintaan maaf atau ucapan apapun yang disampaikan itu didasari perasaan, maksud dan suasana hati yang tulus. Dan untuk mengungkapkan itu, pilihan bahasa ibu sendiri rasanya akan lebih memudahkan, maksud sampai dengan mulus." (Denny Baonk)

4 comments:

  1. Memahami frasa bahasa arab memang agak rumit, apalagi bagi yg sekali atau dua kali atau bahkan tidak sama sekali bersentuhan dengan ilmu gramatika arab (nahwu atau sharaf). Memang betul, kalimat "Minal Aidin Walfaizin" (jika diterjemahkan secara leterlek)artinya dari orang yang2 yg kembali dan orang-orang yang menang/suci. Tapi sebenarnya kalimat ini memiliki makna seperti ini: (Semoga kita termasuk bagian dari) orang2 yg kembali (kembali suci maksudnya) dan orang2 yg menang/suci. Jadi kalau dalam gramatika arab kalimat tersebut terdiri dari "jer&Majrur" dan "mudof&mudof ilaih". Kalimat ini cukup layak (Mufid) tanpa perlu menambah kalimat "Amala" (semoga) di depannya. Agak rumit memang, tapi..begitulah Bahasa Arab. Nah, sekarang kalimat itu lebih terdengar seperti doa bukan?

    ReplyDelete
  2. Jadi kalimat lengkapnya gimana?

    ReplyDelete
  3. Cukup "Minal Aidin wal Faizin" ndin.. yg artinya: (Semoga kita termasuk bagian dari) orang2 yg kembali (kembali suci maksudnya) dan orang2 yg menang/suci. Kalimat itu sudah lengkap (Mufid).

    ReplyDelete