Pages

HBD Grandma


Ini nenek saya, namanya Hj. Fatimah Ismail. Senin (1/8) lalu, Nenek berulang tahun ke-90. Kebanyakan orang yang bertemu Nenek akan heran karena pada umur nyaris seabad, kesehatan beliau masih sangat baik dan sama sekali tidak pikun. Berikut ini akan saya sajikan sepuluh tips awet muda/panjang umur ala Nenek, berdasarkan wawancara eksklusif nan investigatif dengan beliau.


TIPS PANJANG UMUR ALA HJ FATIMAH ISMAIL:

1. Sering-seringlah membasuh wajah dan tubuh dengan air wudhu.
Meskipun air wudhu adalah air kamar mandi yang itu-itu juga, percayalah dengan berwudhu wajah akan tampak lebih segar. Catatan: tips ini tidak disarankan untuk mereka yang hidup di daerah gersang, sebab terlalu sering tayamum akan membuat wajah seperti bedakan... pakai debu.

2. Rajin-rajinlah menonton berita.
Ekonomi, infotainmen, olahraga--tapi politik tetap juaranya. Memperhatikan konstelasi partai dan mencela Marzuki Alie-Ruhut Sitompul dengan hati riang dapat membantu mengurangi ketegangan di daerah pundak, leher, dan sekitarnya.

3. Mengaji.
Dalam kitab suci terdapat banyak ajaran dan cerita yang tiap kali direnungkan dapat mempertebal rasa syukur. Dan sesungguhnya manusia yang banyak bersyukur selalu lebih bahagia.

4. Membaca
Mengurangi kepikunan, melatih otak, dan mempertajam ingatan. Paling tidak, latihan mengingat di mana terakhir kita meletakkan buku yang sedang dibaca, berikut kacamatanya.

5. Berkebun
Anggrek dan pohon jambu membuat hidup lebih berwarna.

6. Foto orang-orang terdekat di kamar tidur
Nenek meletakkan foto almarhum kakek, almarhum orangtuanya, dan foto anak-anaknya di kamar tidur. Hal ini membuat beliau merasa selalu dikelilingi orang yang dicintai, meskipun kami tidak berada di sana.

7. Perhatikan cucu-cucu
Siapa yang nilainya jelek? Siapa mau kuliah di mana? Siapa kerja sebagai apa? Siapa belum cukup umur tapi belum kawin-kawin juga? Tugas seorang nenek untuk memberi petuah dahsyatnya.

8. Sejarah keluarga
Setiap kali kumpul, bagikan cerita-cerita keluarga yang dramatis, romantis, maupun sensasional. Selain mencegah kepikunan, bercerita membuat sosok nenek makin mempesona di mata anak dan cucunya.

9. Jus
Blender buah-buahan dan minum teratur. Niscaya badan segar dan bugar.

10. Baju bagus, makanan enak
Meski sudah tua, jangan pernah hilang selera terhadap dua hal ini. Mata senang, perut kenyang, hati riang. Sungguh, tidak dosa.

4 comments:

  1. Slamat ulang tahun neneknya Andin, coba nek cucunya ini dikasih petuah mujarab utk menikah SOON. :p

    ReplyDelete
  2. Selamat ulang tahun. Semoga usianya berkah. :)

    ReplyDelete
  3. @Aprizya: SOON-nya nggak pakai kapital boleh, kok. Hehehe..

    ReplyDelete