Pages

Ketemu batunya

Oleh: Firman Muntaco

"Saban ari pulang pagi, ape nggak sepet mate lu dibawa begadang? Keturunan loak ngkali 'ni orang!" Bu Amsi nyapnyap ngomelin lakinya.

Bu Amsi sambung lagi omelannya:

"Gimana gue nggak mau 'mpet, kalo sekali-due sih jamak deh, na ini mulain dari bulan September taon yang liwat, sampe sekarang masing aje pulang Subu..."
"Husss! Gini ari jangan ribut ah, malu tuh didenger tetangge!" Pak Sabeni nyautin.

"Aaaape? Gue lu suru malu? Lu tuh yang kudu banyak malu. Coba pikir, gue mane sih pernah ambil pusing kalo abang pegi? Cuman, inget dong pulangnye, jangan keliwat malem. Na kalo begini terus-terusan, bukan ape-ape, selempang lu kena penyakit batuk-kering gare-gare kebanyakan kena angin malem..."

"Alaaaa, ude deh jangan banyak recet, perempuan taunye jaga rumah, terime belanje, beres deh! Yang penting gue jujur, kagak selingku."

"Jujur..? Huh, apenye yang jujur? Justru lantaran gue denger selentingan kagak beres, makanye pikiran gue jadi 'mpet!"

"Lu suka percaye mulut orang sih! Awas, kalo buktinye kagak ade, bisa dosa lu, tau nggak? Sembarangan aje!"

"Gimane gue nggak mau percaye? Emang dari dulu gue nggak percaya ame lu. Buktinya kan ude ade: di kantong celane lu ade selampe perempuan. Siape lagi kalo bukan cewek maenan lu?"

"Gampang aje lu percaya ame selampe? Siape tau ade yang iseng nyeplosin selampe ke kantong gue..." Pak Sabeni masih gigih membela diri.

"Emangnya lu mampus, nggak tau ade orang jeblosin selampe ke kantong sendiri?" Bu Amsi kik-balik.

"Ah, mungkin aje... buktinye orang kecopetan kagak engah dompetnya dikodok..."

"Heh bang, kalo mau maen menang-menangan, perempuan juga bisa selingku kaye lelaki. Ape lu mau gue begitu? Bilang deh!" Sang istri nantangin.

"Perempuan laen sih emang bisa, tapi lu, siape yang mau tole?"

"Banyak! Pokoknya perempuan tergantung dari pakean. Kalo polesannya yahut, masa' kagak ade lelaki yang nubruk?"
***

Sejak keributan hari itu, keluarga Pak Sabeni bukan jadi tenang, malah sebaliknya makin runyam. Antara suami dan istri kayak minyak dengan air... masing-masing pada serong di luaran.

Kalau Pak Sabeni keluar rumah, selang 13 menit bininya ikut ngeloyor ke mana tau. Padahal konci keakuran sebetulnya ada di tangan Pak Sabeni sendiri. Misalnya dia mau mengalah sedikit, terang bininya kagak bakal begitu. Tapi apa mau dikata? Pak Sabeni belakangan ini memang lagi mabok asmara gombal. Saputangan yang ditemuin bininya tempo hari, memang bener milik gacoannya.

Dia kantongin selampe itu waktu sama-sama habis makan ketoprak di pinggir jalan. Sehabis menyeka bacotnya yang jeding, si cewek pinjemin selampenya itu kepada Pak Sabeni. Setelah itu Pak Sabeni lupa mulangin. 
***

Malam itu kebetulan cewek simpenannya lagi mudik ke Karawang, nengokin neneknya yang lagi ngap-ngapan gara-gara kesalahan makan singkong pager. Lantaran mainannya kagak ada, maka Pak Sabeni jadi kayak layangan putus. Untung saja film yang sudah lama dia incer, kebetulan lagi diputer di bioskop terdekat, maka ke situlah Pak Sabeni mengisi waktu iseng. Dia memang paling demen nonton film yang banyak pahanya.

Karena sudah telat 10 menit, ketika masuk ke gedung bioskop sama juga nyeplos ke dalam goa saking gelapnya. Pak Sabeni terpaksa rapa-repe ngikutin cahaya lampu senter yang disorot petugas. Di pojok sebelah kanan ada bangku kosong, di situlah dia tarok pantatnya. Begitu dia duduk, tangannya nyenggol orang yang duduk di sebelah kiri.

"Naaaa, kebeneran... cewek nih!" Belum apa-apa dia sudah kegirangan, dasar buaya.

Dasar muka badak, belum duduk sepuluh menit, tangannya sudah belagak nyenggol tiga kali. Karena yang disenggol kagak tunjukin reaksi mengelak, maka Pak Sabeni jadi makin berani.

"Kena nih bakalannye..." Begitu jalan pikirannya.

Betul saja, tangan perempuan yang duduk di sebelahnya itu, sudah bisa diremes-remes, dan anehnya si perempuan diam saja. Rupanya perempuan itu bangsa gampangan juga. Tentu saja tangan Pak Sabeni jadi tambah merayap kayak kepiting. Selagi asyik-asyiknya main bejeg-bejegan, mendadak film putus... dan berbareng dengan itu, lampu dinyalakan!

Astaga, bukan main kagetnya Pak Sabeni, sebab begitu dia nengok ke kiri, perempuan yang daritadi dikobok-kobok, ternyata bininya sendiri!

Lantaran sudah kehabisan akal, buru-buru saja dia mau kabur. Tapi sang bini yang sempet kenalin, buru-buru negor:

"Ayo, ayo... mau ke mane lu? Dasar bicokok!"

"Na, lu... cecunguk!" Sahut Pak Sabeni sembari terus ngeloyor ke luar.


(Seperti dimuat dalam kolom Sketsa Betawi, harian Buana Minggu, 19 Januari 1986)

2 comments: