Pages

Satu Lagi Dari Pos Kota

Diam-diam saya menggemari rubrik Nah Ini Dia (NID) di Pos Kota. Selain kartun Ali Oncom, NID telah berjasa mewarnai hari-hari saya yang hampa dengan cerita penuh intrik dan susunan kalimat yang menggelitik. Sayalah penggemar setia NID sewaktu ia ditampilkan di layar kaca dalam format film serial. Kala itu, tengah malam adalah momen istimewa di mana saya sebagai seorang pelajar rela mengambil risiko kesiangan demi menyaksikan kisah cabul-tapi-kocak khas NID yang ditingkahi polah presenter berpeci miring dan bersarung ala peronda dengan celetukan khasnya, "Nah eni die, Pemirse! Lucu kagak, Pemirse?"

Tokoh NID favorit saya adalah Mas Batin. Ia adalah pria tinggi, kurus, nyaris botak. Dari episode ke episode, Mas Batin dikisahkan selalu berganti pekerjaan. Kadang ia jadi tukang ojek, kadang pemilik warung, kadang pengangguran. Kesamaannya cuma satu: jadi apa pun dia, pasti ada perempuan yang hamil karena perbuatannya. Rekor Mas Batin ada di salah satu episode di mana ia jadi juragan kontrakan. Lima belas orang perempuan ngontrak di kompleksnya, baik janda mau pun perawan, dan lima belas-lima belasnya hamil! Luar biasa!

Nah, kemarin ini saya kembali membaca Pos Kota rubrik NID. Ceritanya, sih, sangat khas NID. Jadi ada sepasang suami istri di sebuah kampung yang punya piutang pada tetangganya. Istri meminta suami untuk menagih piutang tersebut. Adapun si tetangga itu ternyata seorang janda. Diembatlah oleh sang suami. Sekali dua kali tiga kali, istri mengendus tanda-tanda perselingkuhan. Ia pun meminta Kades untuk menggerebek suami dan si janda. Begitu ketahuan, beginilah percakapan yang terjadi:

Istri: "Nah, ya! Ketahuan kamu! Mau alasan apa lagi sekarang?"
Suami: "Ampun, Bu! Sumpah, Bu! Sumpah saya enggak tidur sama dia!"
Istri: "Terus ngapain?"
Suami: "Saya enggak tidur! Beneran! Saya cuma ngeraba!"
Istri: "Ngeraba, ngeraba! Lu kira huruf Braille!"

...
Pos Kota, apapun yang terjadi, please jangan berhenti terbit. Yang begini-begini ini hanya bisa kami baca di koran Anda.

2 comments: