Pages

my big mouth


salah satu lagu oasis yang saya suka judulnya My Big Mouth.

bagian terbaik dari liriknya adalah:

Where angels fly
You won’t play
So guess who’s gonna take the blame For my big mouth And my big name

ciyeh. terkesan sangat bombastis, penuh percaya diri, dan sedikit arogan. fyi lagu ini ada di album be here now, barengan sama standy by me, dont go away, yah pokoknya lagu-lagu oasis yang jadi hits banget pada zamannya. kalo di inggris ada XL dan olga syahputra, pasti lagu-lagu ini jadi top RBT dan masuk chart Dahsyat. yah intinya saya mendengarkan album ini berulang-ulang. lalu, secara gak sadar, rupanya lagu ini mengendap dalam diri saya sehingga akhirnya saya tumbuh menjadi anak yang... yeah, let's just say, bermulut besar :D

entah kenapa saya orangnya paling gak bisa dikasih tantangan. rasanya tuh kalo ada orang yang ngomong "alah paling kamu gak bisa" pasti saya bawaannya pengen membuktikan kalo dia salah. "i can do that, man" dalem ati saya akan bilang begitu. bagi saya, membuktikan diri tuh udah menjadi kebutuhan batin. kecenderungan ini tampak nyata saat saya remaja. banyak hal yang saya lakukan tuh cuma karena pengen membuktikan diri. misalnya pas SMP nyalon jadi ketua OSIS. kalo dipikir-pikir lagi, oh tuhan, saya SANGAT TIDAK COCOK bergabung di organisasi macam OSIS, apalagi menjadi ketuanya. organisasi membutuhkan komitmen dan disiplin, sementara saya orangnya bosenan dan males. hal ini bagaikan memakai blue jeans dan kemeja warna hijau daun. sangat tidak matching.

tapi toh saya tetep nyalon (bukan ke salon. tapi mencalonkan diri). nah, sekarang pas saya udah lebih tua gini, pas sendi udah pada sakit semua, pas uban udah mulai bermunculan di sana sini, pas udah mulai harus rutin general check up, pas hati senang kalo dikunjungin menantu sama cucu cucu (saya sebenernya umur berapa sih??) perlahan-lahan kebutuhan saya untuk membuktikan diri udah gak segawat dulu lagi. sebagaimana umumnya orang yang sudah makan asam garam kehidupan, di usia sekarang saya sudah mulai bisa menerima diri apa adanya tanpa pengakuan orang lain. yeah. memang seharusnya begitu. tapi tetep, seperti jerawat yang nempel di jidat, kebiasaan bermulut besar saya ternyata sangat sulit dihilangkan.

dan baru-baru ini, saya kena getahnya.

alkisah, sewaktu nonton SIEM 2008 kemarin, saya dan kawan saya yang diramalkan akan mengakhiri masa lajangnya di bawah umur 30 (namanya dicky) bertaruh dengan penuh keisengan. saya bilang, kalo dicky berhasil dapet kenalan cewek di acara itu, berikut nomer hp dan cewe itu dikenalin ke saya, saya akan melakukan dare apapun yang diminta ama dicky. si dicky mengangguk-angguk dengan tampang jahat.

"beneran nih ya, apapun?" dia mengkonfirmasi.
"iya! apapun!" mulut besar saya beraksi.

si dicky senyum setan. malam terakhir SIEM dia pun bergerilya mencari kenalan cewe. dan akhirnya dia dapet, walopun dengan penuh kecurangan, karena yang dia ajak kenalan nih panitia. oalah. jelas aja mau. tapi bagaimanapun dia udah melakukan bagiannya. dan sekarang tinggal saya yang bersiap melakukan dare yang dia minta.

"gw mau... lo pake DRESS BATIK ke kampus." kata dicky, pelan, lirih, pedas dan tajam.

APAAAAAAA. dalem ati saya jerit. dress adalah fashion item terakhir yang kepikiran saya pake ke kampus. fyi saya adalah gadis yang sangat jarang memakai rok. koleksi rok saya diawali dengan rok merah saat SD dan diakhiri dengan rok abu-abu zaman SMA. di luar itu, no thanks. memakai rok tuh menurut saya tidak ergonomis. rok tidak memberikan keleluasaan bergerak, belum lagi kalau ada angin kita harus beraksi bagaikan marilyn monroe. ribet.

tapi dare adalah dare yang harus dituntaskan. dengan gagah berani saya menuntaskan dare tersebut pada kamis (18/12) kemarin. bersamaan dengan sidang skripsi vibrian putri (hai puput!) saya pun memunculkan diri ke kampus dengan memakai selembar dress selutut bermotif batik, sandal teplek putih, dan tas ketek (maksudnya disampirkan di bahu yang mana itu deket ketek) warna putih yang saya beli pas SIEM juga.

berikut adalah reaksi yang muncul.

orang pertama yang mengomen adalah tukang parkir belakang b.101. si bapak tua ini membukakan pintu mobil waktu saya mau keluar, dan berkomentar "aduh mbak, ayu tenan" saya cuma nyengir kesenengan. iya gitu saya ayu? seumur-umur belum ada yang pernah bilang. boro-boro memuji, teman-teman bahkan pacar saya sendiri jauh lebih suka menghina dina saya. thanks bapak tukang parkir. kau meningkatkan kepercayaan diriku. kau membuatku berani menghadapi hari. kau matahariku setelah hujan reda. oh bapak.. *OST Evergreeen Love Songs

orang kedua yang ngomen adalah hari sapto, teman saya seangkatan. dia sedang duduk di jurusan. dengan lagak tak terjadi apa-apa, saya melambaikan tangan menyapa dia "hai hartop!" dan betapa kagetnya saya ketika hartop gak ngebales sapaan saya. dia mlongo sambil mengernyitkan dahi. "apakah itu beneran andin?" mungkin itu yang ada di pikiran dia. beberapa menit kemudian dia seperti tersadar dari sirep. "eh andin, penampilan baru?" saya cuma nyengir.

dan begitulah siang saya dihabiskan dengan komentar, ketawaan, celaan, dan bengongan dari orang-orang. the best moment adalah mba tyas (dosen saya) yang ngeliat peristiwa dress ini sambil geleng geleng kepala dan nyengir heran. yakin banget deh besok kalo konsul pasti dicengin abis sama dia. dicky yang dateng telat ketawa setan ngeliat saya menderita. dhika dan nia memfoto-foto saya dengan suka cita. sebenernya saya tengsin. tapi tetep belagak sok cool. hihihihi

kawan, bener lho apa yang dibilang sama buku pelajaran bahasa indonesia zaman SD. mulutmu harimaumu!

5 comments:

  1. mamam tuh big mouth!!!! wkwkwkwkwk...

    mulane tho nduk...dengerin tuh kata orang tua...jgn kata lagu...=p


    xixixi jadi gak enak ikut nampang di blogmu...^_^

    ReplyDelete
  2. yeyeye.. inez punya blog! :D

    abis gimana dong nez,kata lagu lebih enak didengar ketimbang kata orangtua.. gyahahaha

    ReplyDelete
  3. hAHAHAH rasakan kau Ndien...!! :p

    Aduh account blogspot gw apa ya? kok gw lupa?? huhuhuhu

    ReplyDelete
  4. dicky... sungguh teganya dirimu, teganya teganya teganya teganya... *gaya meggy z

    bikin lagi aja akun blogspotnya.. heheh

    ReplyDelete