Pages

militer

akhir2 ini, saya lagi sebel sama judul lagu indonesia yang maen singkat2an.

dulu, pertama kali denger sih masih bisa agak cengengesan. inget banget waktu itu yang booming adalah ST 12 dengan hits PUSPA. sempet bertanya2 siapakah PUSPA itu? apakah nama perempuan kepada siapa lagu itu didedikasikan? eh ternyata dong... itu singkatan dari PUtuskan Saja PAcarmu. sama aja kaya kangen band yang ngasih judul lagu D.O.Y (DO'iku Yolanda) ck ck ck

tadinya sempet khusnudzon bahwa kecupuan penjudulan ini gak akan berlanjut. i mean, come on, who's gonna be stupid enough to follow this lame formula? tapi ternyata eh ternyata, karena eh karena, lagu dengan judul cupu itu LAKU BERAT DI PASARAN, musisi2 lain pada membebek. meniru.

ada anggy dengan K.A.K (Kemana Aja Kamu), Angkasa dengan J.P.S (Jangan Pernah Selingkuh), yang rada maksa Kau 3kan cinta (lupa euy yang nyanyi siapa), dan yang terbaru... band apa gitu ngasih judul lagunya K.P.K (i forgot what that stands for)

saya pernah baca, bahwa singkat-menyingkat itu tadinya monopoli militer. kaum loreng-loreng ini menyingkat2 istilah karena tuntutan in-a-rush (banyak dari singkatan2 itu adalah perintah yang harus dilakukan dalam sekejap mata), plus sebagai kode rahasia agar strateginya gak mudah dibajak musuh.

hmm. betapa sekarang makna singkat menyingkat udah bergeser jauh. yang tadinya supaya perintah bisa segera dilakukan, sekarang karena males aja mikir panjang2. yang tadinya buat kode rahasia, sekarang kode populis yang bisa diterima. sebenernya sih ini sih oke-oke aja dari kacamata postmodern. yang mengganggu buat saya adalah banalitas judul & lagu itu sendiri. kayaknya kok semakin gak makna, semakin laris di pasaran. makin gak meaning, makin disukai. keliatan banget kalo males mikir.

rupanya, bagi masyarakat indonesia, tak-bermakna adalah makna yang baru. meaningless is the new meaning. quote that from me, guys! :D

No comments:

Post a Comment