Pages

ketika george bush dilempar sepatu

tadi pagi pas bangun tidur, saya yang masih ngucek ngucek belek dikejutkan dengan cerita heboh budhe (saya lagi nginep di rumahnya)

"eh kamu tau engga, presiden amrik dilempar sepatu! hahahahah"

saya masih belom konek. "presiden? amrik? sepatu?"

"iya, ntar tunggu aja deh berita siangnya"

pusing. belum konek ah. setelah menenggak kopi dengan biadab, otak semut saya baru mulai mikir. pertamanya saya kira yang dimaksud budhe adalah si mister-obama-yang-oh-sungguh-populer-itu, tapi kan doski belum dilantik (eh, tiket pelantikannya dijual seharga 550 juta, ada yang minat beli?) jadi pasti tak lain dan tak bukan adalah george w. bush. saya jadi senyum-senyum sendiri. emang sih muka bush agak nyebelin, terbukti sering disama-samain sama monyet di beberapa situs, tapi saya engga nyangka aja bakal segitu nyebelinnya sampai sampai membikin orang pengen nimpuk. pake sepatu lagi. this must be good.

penasaran, saya nongkrongin buletin siang.

penyiar RCTI dengan senyum dikulum memberitakan insiden yang menimpa bush. jadi kan ceritanya karena 37 hari bakal diganti sama mister-obama-yang-oh-sungguh-populer-itu, bush berinisiatif melakukan perjalanan farewell ke negara-negara yang pernah ada story sama dia (deu kaya orang pacaran aja). salah satunya, irak. dalam sebuah ruangan tertutup yang berisi fungsionaris pemerintahan irak dan pers, bush memberikan kata-kata penghargaan terakhir dia sebagai presiden amrik. suasana berlangsung tenang. aman terkendali.

sampai suatu ketika...

seorang pria berkacamata tiba-tiba berdiri.

WUIIIIIIIINGGGGGG. sebuah sepatu melayang ke muka bush. SETTTTTT. yang bersangkutan menghindar. orang-orang terperangah.

"what the...????" bush memaki.

belum selesai dia mangap untuk mengkhatamkan makiannya, WUUUUUINNNNNG -sebuah sepatu lagi melayang. bush sekarang udah bener-bener nunduk. mungkin yang ada di pikiran dia "sekarang sepatu, ntar apa lagi? kancut? emangnya akyu rockstar yah dilemparin daleman??"

orang-orang ribut dan ribet mengamankan, sementara bush hanya bisa geleng-geleng. aw. bener-bener insiden yang memalukan untuk ukuran seorang presiden yang sedang bicara di depan umum. dan RCTI dengan lebay-nya memutar ulang adegan itu sampe kira-kira enam kali lebih. mungkin menurut mereka itu lucu.

yah, menurut saya juga lucu sih (meski lebih lucu lagi kalo sampe kena mukanya, hahaha). tapi di balik kelucuan itu, tersirat sesuatu: adanya ketidakpuasan terhadap Amerika di bawah pemerintahan bush, dan kalo ngomongin irak, mereka ini udah engga tau lagi kemana harus mengadukan kesewenang-wenangan yang mereka terima. ruang publik udah engga ada. screw habermas. kemungkinan kedua, kalopun ruang publiknya ada, tetep aja engga ada efeknya. orang irak bisa ngomongin bush sampe berbusa-busa, tapi tetep aja kan kesewenang-wenangan amrik berlangsung? siapa yang engga kesel coba? jadi jangan buru buru menyalahkan si wartawan. lagipula, sepatu kan bukan senjata tajam. hahahha.

tapi, tetep ya, pertanyaan hari ini: negara macam apa yang untuk sekadar mengungkapkan ketidakpuasan, persnya harus melempar sepatu?

nb: RCTI ngasih daftar insiden yang pernah dialami sama bush. salah satunya, saya lupa di negara mana, bush kecopetan jam tangan. jadi pas lagi salaman sama orang-orang di kanan dan kiri karpet merah yang digelar buat penyambutannya (kaya di oscar gitu lho, tapi ini settingannya siang-siang) bush kan mengangkat kedua tangannya, trus disodor-sodorin gitu belagak rock star, eh tau-tau pas ditarik tuh tangan kiri, jamnya ilang. hahahahaha. pasti itu kerjaan naga bonar! :D

2 comments:

  1. namanya juga bush, semak-semak. pasti ribet deh kalau ada dia, hahaha

    untung cuma sepatu, lha kalau telur bebek busuk, pasti kena deh!

    ReplyDelete
  2. bener, om. semak-semak identik dengan ribet, nyangkut, becek di kala hujan, belum lagi bunyi kresek kresek. haha

    telur bebek busuk? mungkin wartawan itu emang udah persiapan bawa om. tapi gak lolos pemeriksaan. hehe

    btw, i really enjoy your writings. keep on writing ya om! :)

    ReplyDelete